Featured Post

Danau Kelimutu dan Pesona 3 Warna Air yang Dilihat dari Langit

Keindahan Danau Kelimutu membuat banyak orang ingin ke sana. Tapi memang tidak mudah mencapai puncak gunung Kelimutu untuk menatap keind...

Wednesday, September 14, 2016

Bukti Peduli Lingkungan : Manfaatkan Ban Bekas Di Sekitar Kita

Sudahkah Anda peduli dengan lingkungan Anda? Mari melihat ke sekeliling rumah kita. Mari melihat adanya barang-barang bekas yang mungkin sudah tidak berfungsi lagi sesuai peruntukannya. Apakah barang-barang tersebut benar-benar telah usang? Tentu saja tidak, karena kitalah yang bisa membuatnya berfungsi kembali. Setidaknya, kitalah yang bisa membuatnya bisa bermanfaat bagi kepentingan lainnya. 


Jika dicermati, ternyata begitu banyak banyak manfaat yang bisa didapatkan dari barang-barang bekas di sekitar kita. Yang diperlukan hanyalah sentuhan kepedulian dan kreatifitas kita. Contohnya adalah ban-ban bekas, baik ban mobil maupun ban sepeda motor.

Adanya ban-ban mobil bekas atau ban sepeda motor bekas di sekitar kita, selain menyita ruang dan tempat untuk menyimpannya, juga sangat rentan sebagai sarang nyamuk (jika diletakan di sembarang tempat tanpa naungan). Jika dibuang ditempat sampah, ban bekas ini tentu tidak ramah lingkungan, karena sulit untuk terurai, menjadi sarang nyamuk di musim hujan, dan cenderung akan dibakar. Pembakaran ban bekas ini tentu akan mencemari udara di sekitar kita.




Secara sederhana, anak-anak tenyata telah memanfaatkan ban bekas sebagai mainan yakni dijadikan roda-rodaan, loncat-loncatan, atau ayunan. Sedikit inovasi dan kreatifitas, bisa menjadikan ban bekas lebih bermanfaat dan tidak merusak lingkungan. Banyak ornamen yang bisa dibuat dari ban-ban bekas ini, seperti pot bunga, rak buku, kursi, meja, tangga, dan sebagainya. 


Keragaman kreasi dari ban-ban bekas dapat dilihat pada gambar-gambar di bawah ini. Setelah Anda melihatnya, tentu akan ada ide untuk mewujudkannya dengan memanfaatkan ban-ban bekas yang terlantar di sekitar rumah Anda. Selamat berkreasi..

Meja dan Kursi :

















Penataan Taman (Aneka pot bunga) :









Berbagai kepentingan lainnya :

Speaker aktif dari ban bekas

Tangga dari ban bekas

Tempat buah dari ban bekas

Booking.com