Featured Post

Danau Kelimutu dan Pesona 3 Warna Air yang Dilihat dari Langit

Keindahan Danau Kelimutu membuat banyak orang ingin ke sana. Tapi memang tidak mudah mencapai puncak gunung Kelimutu untuk menatap keind...

Tuesday, November 1, 2016

Detukeli Butuh Perhatian Serius Pemerintah

Menyusuri wilayah kecamatan Detukeli, salah satu kecamatan di Kabupaten Ende, terasa akan sangat menjengkelkan. Mengapa..? karena jalan pada hampir semua wilayah ini sangat buruk. Baik pada ruas Wologai-Kebesani, maupun Kebesani-Watunggere Marilonga (menuju Kantor Kecamatan), atau ke desa Nida, Nggesa, Watunggere, Unggu, Wolomuku,.. semuanya sangat tidak nyaman untuk dilewati.

Belum lagi soal penerangan listrik. Semua wilayah tempat asal Marilonga ini belum mendapatkan aliran listrik dari PLN. Kini sebagian masyarakat hanya menyediakan genset secara pribadi untuk mendapatkan penerangan listrik bagi aktivitasnya di malam hari atau untuk kegiatan-kegiatan tertentu di siang hari. Selain soal jalan dan listrik,..kecamatan ini ternyata juga bermasalah dalam ketersediaan air bagi kebutuhan masyarakatnya.



Walaupun pergantian kepemimpinan terjadi dari periode ke periode, wilayah kecamatan ini tidak mengalami perkembangan berarti. Berbagai usulan yang disampaikan baik melalui forum Musrenbang, ataupun turba anggota DPR belum terjawab hingga saat ini. Janji tinggalah janji. Masyarakat tetap terkekang dalam permasalahan yang sama dari waktu ke waktu. Berbincang dengan kami di sela-sela diklat Petani Pembuatan Hutan Rakyat, masyarakat menyampaikan keluhan-keluhannya. Mereka sangat mengharapkan perhatian Pemerintah Kabupaten Ende, maupun Pemerintah Propinsi NTT dan juga Pusat, bagi pemenuhan kebutuhan strategis mereka ini, terutama jalan, listrik, dan juga air.



====
Booking.com