Featured Post

Danau Kelimutu dan Pesona 3 Warna Air yang Dilihat dari Langit

Keindahan Danau Kelimutu membuat banyak orang ingin ke sana. Tapi memang tidak mudah mencapai puncak gunung Kelimutu untuk menatap keind...

Wednesday, June 12, 2013

Tips : Mempersiapkan barang bawaan sebelum bepergian jauh

Bagi Anda yang biasa bepergian jauh karena tugas Anda yang selalu menuntut Anda untuk melakukan perjalanan jauh, maka sudah pasti Anda akan selalu membawa barang-barang keperluan Anda baik barang keperluan pribadi maupun barang lainnya yang berkaitan dengan tugas Anda.

Terkadang, karena tingkat kesibukan kita yang sangat tinggi, mengurangi waktu kita untuk meluangkan waktu mengisi barang-barang bawaan yang diperlukan ke dalam tas atau koper. Apalagi bagi Anda yang belum beristri alias masih single, karena persiapan semacam ini biasa dilakukan oleh kaum perempuan (istri) bagi mereka yang telah berkeluarga. Atau mungkin meskipun Anda sudah beristri, tapi sang istri sedang keluar kota, tidak ada di rumah, sakit, dan sebagainya, otomatis Anda sendirilah yang harus mengemasi barang-barang bawaan Anda. Kalau demikian kondisinya, maka sangat mungkin terjadi bahwa ada barang-barang keperluan pribadi (seperti : alat cukur, sisir, parfum, obat-obatan pribadi, dan sebagainya) atau barang yang harus dibawa yang berkaitan dengan tugas (seperti, dokumen/ surat-surat penting, tiket, dan lain-lain) yang tertinggal atau terlupakan. Tentu hal ini akan menyulitkan Anda baik selama perjalan Anda maupun di tempat tujuan Anda. 

Guna mengatasi hal ini, disarankan agar dilakukan langkah-langkah sebagai berikut :

1)      Jika frekwensi perjalanan jauh Anda sangat tinggi alias sangat sering, maka Anda perlu menuliskan jenis-jenis barang bawaan Anda yang merupakan barang keperluan pribadi yang selalu pasti Anda bawa pada setiap perjalanan Anda (seperti : alat cukur, sisir, parfum, pakaian dalam, sikat gigi, obat-obatan, handuk, dan lain-lain), pada secarik kertas. Caranya bagaimana?. Coba mengingat-ingat dan menuliskan semua nama barang yang perlu Anda bawa, dan segeralah mencarinya/ mengambilnya satu per satu dan letakan di dalam tas atau koper yang akan Anda bawa.

2)      Lakukan demikian seterusnya sambil Anda memikirkan/ mengingat-ingat kembali kira-kira barang-barang apa saja yang perlu Anda bawa. Segera tulis dan carilah barang tersebut, dan letakan di dalam tas atau koper tadi!.

3)      Untuk barang yang telah dimasukan ke tas atau koper, beri tanda cek. Untuk barang yang belum ada, beri tanda tertentu, dan Anda harus segera melengkapinya (mungkin Anda perlu berbelanja, dan sebagainya).

4)      Lakukanlah hal yang sama untuk barang – barang lainnya yang berkaitan dengan tugas Anda seperti, surat tugas, dokumen lainnya, barang titipan teman/ keluarga, HP, Kartu kredit, bahkan sampai Kartu Askes, Tiket, kacamata, alat cas HP, alat tulis, laptop, dan sebagainya yang perlu).

5)      Setelah semuanya terpenuhi, masukan kertas catatan tadi ke dalam tas atau koper Anda dan tutup tas atau koper Anda. Anda pun telah siap untuk berangkat.

6)      Dengan demikian, maka dijamin Anda akan tidak kerepotan di tempat tugas mencari barang-barang yang kurang/ tidak dibawa, dan Anda pun dapat melaksanakan tugas dengan baik dan tenang.

7)      Ketika hendak pulang (kembali dari tempat tugas), gunakan lagi catatan yang dibuat tadi sebagai alat pengecekan akan barang-barang yang dibawa tadi agar tidak tertinggal di hotel,  di penginapan, atau di tempat tugas. Lakukan hal yang sama seperti di atas, dan selamat kembali kerumah!.
Selamat mencoba..!


======


Baca Juga :

Booking.com