Featured Post

Danau Kelimutu dan Pesona 3 Warna Air yang Dilihat dari Langit

Keindahan Danau Kelimutu membuat banyak orang ingin ke sana. Tapi memang tidak mudah mencapai puncak gunung Kelimutu untuk menatap keind...

Sunday, August 16, 2015

Danau Kelimutu dan Pesona 3 Warna Air yang Dilihat dari Langit

Keindahan Danau Kelimutu membuat banyak orang ingin ke sana. Tapi memang tidak mudah mencapai puncak gunung Kelimutu untuk menatap keindahan danau 3 warna ini. Danau yang sering berubah warna ini begitu cantik untuk menjadi tujuan wisata Anda.

Danau Kelimutu atau yang lebih dikenal dengan nama Danau Tiga Warna terletak di Desa Pemo, Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur. Pada April 2015 Danau Kelimutu mengalami perubahan warna, setelah peristiwa serupa juga pernah terjadi dua tahun silam.
Perubahan warna pada ketiga danau ini dipengaruhi oleh aktivitas mineral vulkanis Gunung Kelimutu. Danau Ata Polo yang semula berwarna hijau, berganti warna menjadi cokelat kemerahan. Danau Nuamuri Ko’o Fai yang berwarna toska berubah menjadi putih susu.

Sementara Danau Ata Mbupu yang tercatat jarang berubah warna, kini menampakkan warna hijau yang semula berwarna hitam. Tercatat sejak 1915, ketiga danau tersebut mengalami beberapa kali perubahan warna dengan jumlah yang bervariasi, antara 17- 44 kali.


Perubahan warna pada ketiga danau menjadi pertanda ilmiah bagi fluktuasi aktivitas vulkanis Gunung Kelimutu. Menurut catatan, gunung ini pernah meletus hebat pada 1830, beberapa letusan lainnya juga terjadi di awal tahun 1900-an. Bahkan masyarakat sekitar percaya, perubahan warna Danau Kelimutu bukan hanya fenomena alam biasa, melainkan juga sebagai pertanda awal terjadinya suatu peristiwa besar.



Hotel di Taman Nasional Kelimutu

Hotel di Sekitar Bandara Hasan Aroebusman - Ende

Hotel di Maumere

Hotel di Sekitar Bandara Wai Oti - Maumere


Hotel di Kupang

Hotel di Sekitar Bandara El Tari - Kupang

Pesona Wisata di Ende :
Hotel di Ende dan Moni, Kelimutu :
Booking.com