Featured Post

Danau Kelimutu dan Pesona 3 Warna Air yang Dilihat dari Langit

Keindahan Danau Kelimutu membuat banyak orang ingin ke sana. Tapi memang tidak mudah mencapai puncak gunung Kelimutu untuk menatap keind...

Monday, August 17, 2015

Pawai Kendaraan Hias : Kemeriahan Penutup Sepekan Festifal Danau Kelimutu

Memeriahkan perayaan hari ulang tahun kemerdekaan RI ke 70 tahun ini, pemerintah Kabupaten Ende menyelenggarkan even “Sepekan Festifal Danau Kelimutu”. Setelah diawali dengan acara “Taga Kamba” pada tanggal 08 Agustus 2015 lalu, rangkaian kegiatan Sepekan Festifal Danau Kelimutu kini ditutup dengan “Pawai Kendaraan Hias” yang dilaksanakan pada tanggal 15 Agustus 2015. Sehari sebelumnya, yaitu tanggal 14 Agustus 2015 dilangsungkan upacara Pati Ka Du’a Bapu Ata Mata di Puncak gunung Kelimutu.

 Pawai Kendaraan Hias ini diawali dengan seremonial singkat di depan kantor PU Perwakilan, jalan Gatot Subroto KM 4. Dalam sambutannya, Bupati Ende, Ir. Marselinus Y.W. Petu menyatakan bahwa Kegiatan Pawai Kendaraan Hias ini merupakan even penutup dari seluruh rangkaian kegiatan Sepekan Festifal Danau Kelimutu. Tujuannya adalah sebagai wadah bagi pemerintah serta stakeholder terkait untuk menyampaikan program-program pembangunan, serta hasil-hasil yang dicapai kepada masyarakat.

Dalam sambutannya, ketua Panitia, Drs. Derson Duka menyampaikan bahwa peserta yang mengikuti kegiatan ini sejumlah 34 dinas/instansi, serta BUMN dalam lingkup Kabupaten Ende. Kegiatan ini bersifat lomba, karena semua kendaraan peserta akan dinilai oleh dewan juri sebanyak tiga orang.

Seremonial pembukaan ini diakhiri dengan pelepasan peserta pertama oleh Bupati Ende. Rute yang dilalui peserta antara lain melewati jalan Gatot Subroto, jalan Kelimutu, jalan Diponegoro, jalan Nuamuri, jalan Pahlawan, jalan Perwira, jalan Kesehatan, jalan Soekarno, jalan Kemakmuran, jalan Pasar, jalan Pabean, jalan Katedral, jalan Ahmad Yani, dan berakhir di jalan El Tari depan kantor Bupati Ende.

Kegiatan ini mendapat rasa antusiasme dari masyarakat yang memadati alur-alur lintasan yang dilewati peserta.

Ronny, salah seorang warga di jalan Kelimutu menyampaikan rasa terimakasih dan bangganya terhadap pemerintah saat ini yang menyelenggarakan banyak even-even menarik yang menghibur masyarakat. Wajah kota Ende di bulan Agustus ini menurutnya terlihat semarak, baik oleh bendera dan umbul-umbul, juga adanya lomba-lomba yang diselenggarakan, seperti lomba membuat gapura, tarik tambang, futsal, lomba dayung, pentas seni, basar (pasar murah), panjat pinang, dan lain-lain. Harapannya agar di masa mendatang kegiatan-kegiatan ini dipertahankan bahkan ditingkatkan lagi, karena sangat bermanfaat dan menghibur masyarakat.

Acara pawai kendaraan hias yang dimulai pukul 14.00 ini berlangsung semarak, aman, dan tertib, dan berakhir pada pukul 19.00 WITA.


Pelepasan Peserta Oleh Bupati Ende

Semarak Pawai Kendaraan Hias Dalam Gambar :




Hotel di Ende dan Moni, Kelimutu :
Pesona Wisata di Ende :

Booking.com