Featured Post

Danau Kelimutu dan Pesona 3 Warna Air yang Dilihat dari Langit

Keindahan Danau Kelimutu membuat banyak orang ingin ke sana. Tapi memang tidak mudah mencapai puncak gunung Kelimutu untuk menatap keind...

Monday, July 1, 2013

Memulai berbelanja online di dunia maya

Tips : Memulai berbelanja online di dunia maya

Bagi Anda, para pengguna internet, ketika mengakses internet, tentunya banyak menemukan iklan-iklan antara lain dari situs-situs yang menawarkan produk barang atau jasa secara online.  Berbeda dengan membeli barang secara offline (cara konvensional), yaitu dengan tatap muka secara langsung, di dalam belanja secara online, kita sebagai pembeli tidak melakukan tatap muka secara langsung dengan penjualnya. 

Demikian pula barang yang akan dibeli, tentunya tidak akan dapat dilihat secara langsung (riil) baik warna, ukuran, kualitas bahan, dan sebagainya, apalagi untuk mencobanya secara langsung (pakaian, sepatu, dan lain-lain). Karena hal-hal inilah, maka tentunya akan timbul keraguan di pihak kita sebagai calon pambeli. Belum lagi mengenai kepastian, kecepatan dan ketepatan pengiriman barang yang sudah dipesan/ dibeli. Atau menganai mekanisme dan jangka waktu untuk complain apabila barang yang sudah diterima, ternyata tidak sesuai yang dipesan atau yang diiklankan di situs penjualnya.

Guna membantu Anda berbelanja secara online, berikut beberapa tips yang dapat dipakai sebagai pegangan dalam memulai berbelanja secara online :


  1. Mencari tahu informasi tentang situs/ toko online tersebut. Anda bisa mengetahuinya berdasarkan browsing pengalaman orang lain, melihat alamat situs, contact, layanan, kebijakan privasi, keamanan situs, dan lain-lain. Selain itu paham juga tentang si penjual.
  2. Membeli melalui e-commerce/ toko online yang memiliki reputasi yang bagus, atau yang banyak direkomendasikan.
  3. Pahami betul produk-produk yang ingin dibeli, misalnya dengan membaca keterangan produk, bukan hanya melihat gambarnya saja.
  4. Pelajari metode pembayaran maupun pengiriman, apakah memang dilayani secara profesional atau tidak.
  5. Membandingkan harga produk dengan harga yang ditawarkan oleh situs lainnya. Mungkin saja ada yang lebih murah, sehingga kita bisa lebih hemat biaya. Untuk yang satu ini, pertimbangkanlah pula dengan kredibilitas situs tersebut. Kalau harganya lebih murah, namun kredibilitasnya meragukan, maka sebaiknya dihindarkan bertransaksi online dengan situs tersebut.
  6. Jangan mudah memberikan nomor rahasia (PIN) kartu ATM atau kartu kredit Anda.
  7. Kalau pun Anda ingin mencoba, belilah terlebih dahulu produk-produk yang murah selama beberapa kali. Kemudian ketika memang telah terbukti dapat dipercaya selama beberapa kali transaksi tersebut, maka kita bisa membeli produk yang lebih mahal. Hal ini untuk menghindari resiko kerugian yang besar ketika Anda tertipu.
  8. Periksalah barang yang sudah kita beli ketika barang tersebut diterima dari jasa ekspedisi (jasa pengiriman barang). Apakah telah terjadi kerusakan selama masa pengiriman. Ini tentunya sebagai pegangan bagi kita untuk melakukan complain kepada si penjual, atau kepada jasa ekspedisinya.



Demikian beberapa pegangan bagi Anda ketika hendak berbelanja secara online. Semoga bermanfaat.


Baca Juga :


Booking.com