Featured Post

Danau Kelimutu dan Pesona 3 Warna Air yang Dilihat dari Langit

Keindahan Danau Kelimutu membuat banyak orang ingin ke sana. Tapi memang tidak mudah mencapai puncak gunung Kelimutu untuk menatap keind...

Monday, July 1, 2013

Berbelanja lewat dunia maya, tren masyarakat internet saat ini

Perkembangan teknologi informasi, khususnya internet, di tanah air dalam beberapa tahun terakhir tumbuh luar biasa. Masyarakat kita semakin teredukasi dan tidak lagi gaptek (gagap teknologi) lantaran disuguhi berbagai informasi yang dengan mudah dapat diperoleh lewat dunia maya. Perubahan perilaku masyarakat pun terus terjadi, termasuk dalam kebiasaan berbelanja.

Dengan adanya internet, saat ini berbelanja tidak harus dengan bertatap muka secara langsung. Cukup melalui komputer, tinggal klik, semua yang dibutuhkan pun akan tersaji. Aneka barang, mulai dari sepatu, tas, pakaian, buku, komputer, hingga peralatan rumah tangga banyak ditawarkan melalui media online ini.

Peluang bisnis online ini memang menggiurkan mengingat selain modal yang dibutuhkan relatif kecil, jangkauan pemasarannya pun cukup luas. Contohnya, dengan berbisnis lewat Facebook, Anda cukup mencantumkan foto produk dan harga yang ditawarkan. Mudah bukan?

Harus diakui, bahwa maraknya toko online ini tidak lepas dari kian mudahnya masyarakat dalam mengakses internet. Dengan kian terjangkaunya biaya untuk berlangganan internet mendorong masyarakat mulai familier, bersentuhan dengan media internet. Tak hanya itu, penggunaan ponsel pintar atau smartphone juga memberi andil yang luar biasa terhadap perkembangan bisnis online. Pasalnya dari gadget inilah kini orang lebih mudah mengakses internet.

Sebuah survei yang dilakukan di kalangan remaja menunjukan bahwa belanja online kini sudah menjadi tren, dimana produk-produk seperti pakaian, menjadi barang yang paling diminati untuk dibeli secara online, disusul perhiasan, tiket pesawat dan buku.

Sistem penjualan lewat online juga dilirik oleh para pebisnis yang terlebih dahulu menerapkan konsep offline. Menurut mereka, tren masyarakat yang mulai familier dengan internet membuka peluang dikembangkannya konsep online ini. Jangkauan pasar yang luas menjadi salah satu kelebihan yang ditawarkan sistem pemasaran secara online. Coba bandingkan, jika Anda membuka toko offline atau konvensional maka bisa dipastikan konsumen yang datang hanya berasal dari tempat yang dekat dengan lokasi toko tersebut. Konsumen potensial yang jaraknya cukup jauh menjadi tidak tergarap.


Omset besar dan praktis

Belanja online memang praktis. Namun pembeli seringkali kurang yakin mengenai barang yang akan dibelinya karena belum melihatnya secara langsung. Untuk meyakinkan para pembeli, penjual biasanya memberikan informasi seputar barang atau jasa yang ditawarkannya secara lebih lengkap. Tujuannya agar konsumen bisa mendapatkan informasi yang sejelas-jelasnya sebelum menjatuhkan pilihan.

Kendati bisnis online menawarkan berbagai kelebihan, tidak berarti nisnis ini bisa dilakukan dengan serampangan. Untuk bisa meraih sukses, calon pebisnis harus tetap menyiapkan berbagai sarana pendukung termasuk tahapan-tahapan penting yang harus dilewati. Karena tanpa dasar yang memadai, akan banyak kendala yang dihadapi yang pada gilirannya bisa menghambat atau mematikan bisnis online yang sedang dijalankan.



Baca Juga :

Booking.com