Featured Post

Danau Kelimutu dan Pesona 3 Warna Air yang Dilihat dari Langit

Keindahan Danau Kelimutu membuat banyak orang ingin ke sana. Tapi memang tidak mudah mencapai puncak gunung Kelimutu untuk menatap keind...

Wednesday, June 12, 2013

Bersin.., awas biji mata meloncat!

Hatsyii...! bersinlah kita suatu kali. Dengan mata melototkah saat kita bersin tadi?. Nggak lah ya! Tentu saja kita bersin sambil (secara tak sadar) memejamkan mata. Tidak percaya? Silahkan mencobanya!.

Lalu apa yang membuat orang memejamkan mata saat bersin?

Ada kelompok masyarakat yang beranggapan kalau tidak merem (menutup mata), biji mata akan meloncat ke luar. Herannya, anggapan ini diperkuat oleh Dr. G.H. Drumheller yang adalah anggota Persatuan Ahli THT Internasional. Sayangnya, belum ada yang mau menguji hipotesis ini.
Pendapat yang terdengar mengerikan itu lebih baik kita singkirkan, karena ada yang lebih manusiawi dari ahli THT lainnya, yaitu Dr. Pat Barreli, yang mengatakan “Saat seseorang bersin, seluruh fungsi dalam tubuhnya berhenti sementara. Selain itu, tekanan yang sangat kuat akan dirasakan di seluruh bagian tubuh, terutama mata”. Ia juga menekankan bahwa refleks bersin merupakan bagian dari tindakan perlindungan diri.

“Bersin yang kadang terasa mengganggu ini selain membersihkan hidung dan kepala, juga ‘menyuntikan’ O2 ke dalam sel-sel tubuh”, ujarnya lebih lanjut. Akibatnya, dapat dikatakan seperti rangsangan fisiologis yang timbul saat mengisap tembakau atau kokain.=====


Baca Juga :

Booking.com