Featured Post

Danau Kelimutu dan Pesona 3 Warna Air yang Dilihat dari Langit

Keindahan Danau Kelimutu membuat banyak orang ingin ke sana. Tapi memang tidak mudah mencapai puncak gunung Kelimutu untuk menatap keind...

Thursday, March 20, 2014

Fungsi Sa'o Ria (Mengenal Adat Moni Koanara) (10/11)

(Mengenal Adat Moni Koanara-Ende)

Fungsi Sa’o Ria

Dari keseluruhan deskripsi di atas, dapat disimpulkan bahwa, Sa’o Ria memiliki tiga fungsi utama, yaitu Fungsi Praktis, Fungsi Sosial, dan Fungsi Religius.

Fungsi Praktis ; seperti rumah pada umumnya, Sa’o Ria merupakan tempat berlindung utama satu atau beberapa keluarga yang berasal dari satu keturunan. Di rumah ini, mereka melakukan aktivitas keluarga,
seperti makan, tidur, dan sebagainya, serta melakukan pekerjaan tertentu. Sa’o Ria ini juga berfungsi sebagai dapur untuk memasak makanan bagi segenap anggota keluarga.
Fungsi Sosial ; Sa’o Ria adalah tempat tinggal Ata Laki Pu’u beserta saudara-saudaranya. Ia berlaku sebagai ibu dan juga sebagai bapak bagi segenap anggota suku, yang merupakan representasi hidup dari nenek moyang. Ia pula yang menjamin kesatuan dari seluruh warganya. Sa’o Ria sendiri secara tidak langsung juga  mempersatukan seluruh warga suku, sebab Sa’o Ria dibangun oleh segenap warga suku.
Fungsi Religius ; Sa’o Ria merupakan tempat dilakukannya upacara-upacara adat yang bersifat religius, seperti upacara-upacara pertanian, kelahiran, perkawinan, dan kematian. Adanya Wisu Lulu Ana Wula Leja dan barang pusaka keramat lainnya membuktikan bahwa Sa’o Ria bukan saja sebagai tempat tinggal manusia atau sebagai pemersatu warga suku, namun juga merupakan tempat manusia bertemu dengan Du’a Ngga’e yang merupakan sumber dan tujuan akhir, serta penyelenggara kehidupan alam semesta.
Baca Juga :

Booking.com