Featured Post

Danau Kelimutu dan Pesona 3 Warna Air yang Dilihat dari Langit

Keindahan Danau Kelimutu membuat banyak orang ingin ke sana. Tapi memang tidak mudah mencapai puncak gunung Kelimutu untuk menatap keind...

Sunday, August 2, 2015

Pesona Taman Laut 17 Pulau Riung

Taman laut 17 Pulau Riung ini terletak di Kecamatan Riung, sekitar 75 km sebelah Utara Kota Bajawa, Ibukota Kabupaten Ngada. Terdiri dari gugusan pulau-pulau kecil dan besar, pulau-pulau tersebut antara lain : Pulau Wire, Sui, Taor, Tembaga, Tiga (Pulau Panjang), Bampa, Meja, Rutong, Patta, Halima (Pulau Nani), Besar, Lainjawa, Kolong, Dua, Ontoloe (terbesar), Borong, dan Pulau Pau. Laksana “Surga Bawah Laut” yang belum terjamah, kelompok pulau ini terdiri dari pulau-pulau kecil dan pulau karang yang terbentang di depan Teluk Riung.
Pesona
Alam bawah laut dari pulau-pulau ini kaya dengan keanekaragaman hayati. Kawasan Taman Wisata Alam Tujuh Belas Pulau merupakan hutan kering. Hampir di seluruh pesisir pantai ditumbuhi dengan pohon bakau.
Pulau Rutong dan Pulau Tiga adalah spot terbaik untuk bersnorkling. Berbagai jenis binatang laut dapat ditemukan di sini. Pantainya yang landai dengan pasir putih dan air lautnya yang bening merupakan pesona tersendiri bagi para penyuka pantai. Jernih nya air laut serta pasir putihnya membuat siapapun betah menikmati keindahan dari pulau ini.




Ribuan kelelawar yang bergelantungan di pohon menjadi daya tarik dari Pulau Ontoloe. Di pulau ini dan daerah perbukitan sekitar Riung dihuni oleh biawak raksasa spesifik Riung. Penduduk lokal menamakannya “Mbou”. Bila biawak Komodo disebut Varanus Komodoensis, maka biawak Riung disebut juga sebagai Varanus Riungensis.
Untuk menjelajah pulau-pulau di Taman Laut ini anda dapat menyewa perahu motor penduduk lokal dengan harga mulai dari Rp.250.000.

Akomodasi
Di Riung terdapat beberapa penginapan dengan tarif mulai dari Rp. 200.000 seperti Hotel Bintang Wisata, Pondok SVD, Hotel Florida dan Nirwana Bungalow. Selain itu terdapat beberapa penginapan lain dengan harga yang murah dan relatif terjangkau.


Kuliner
Rumah makan juga banyak terdapat di Riung antara lain Murah Meriah, Ujung Pandang, Maren dan Sedang Mekar. Murah Meriah menjadi rekomendasi karena di sini tersedia makanan laut.

Transportasi
Anda dapat menggunakan angkutan umum menuju Riung atau dapat menyewa jasa travel dan ojek. ====


Pesona Wisata Pulau Flores :
Reservasi Hotel di Labuhan Bajo :

Booking.com