Featured Post

Danau Kelimutu dan Pesona 3 Warna Air yang Dilihat dari Langit

Keindahan Danau Kelimutu membuat banyak orang ingin ke sana. Tapi memang tidak mudah mencapai puncak gunung Kelimutu untuk menatap keind...

Saturday, September 5, 2015

Tidur Rileks dan Menyembuhkan, Bagaimanakah Caranya?

Bayi Yang Tertidur Pulas
Banyaknya permasalahan hidup, terkadang membuat ketidaknyamanan bagi kita. Persoalan – persoalan yang dihadapi berdampak pada ketidakseimbangan psikologis yang kemudian merambah pada menurunnya kesegaran jasmaniah. Beban psikologis akhirnya menjadi salah satu penyebab timbulnya berbagai penyakit. Berbagai penyakit dilaporkan dapat dikontribusi dari kondisi psikologis seseorang. Sebut saja, darah tinggi, jantung, stroke, lambung (maagh), dan sebagainya, adalah jenis-jenis penyakit yang dapat disebabkan oleh faktor psikologi seseorang.


Mengatasi atau mengurangi potensi timbulnya penyakit adalah salah satu langkah yang dapat diambil untuk mencegah timbulnya penyakit. Bagi anda yang senantiasa terbebani dengan permasalahan hidup, yang berakibat pada timbulnya penyakit-penyakit pada tubuh anda, seperti jantung, darah tinggi, lambung, dan sebagainya, anda dapat mencoba cara tersebut di bawah ini untuk menjaga kondisi kebugaran anda.

Cara ini sangat sederhana dan dapat dilakukan sendiri di rumah. Tidak perlu disiapkan waktu atau peralatan khusus untuk melakukannnya. Anda hanya memanfaatkan waktu tidur Anda, karena setiap orang pasti memiliki waktu untuk tidur. Saat tidur, adalah saatnya bagi tubuh untuk beristirahat. Secara jasmaniah, orang yang tidur dapat terlihat sedang beristirahat, namun secara psikologis, orang yang sedang terlihat tidur bisa saja tidak sedang beristirahat. Otaknya tetap bekerja. Apalagi dengan beban pekerjaan, permasalahan hidup, atau beban psikologis yang sangat berat, yang membuat orang tidak dapat tidur dengan nyenyak. Inti dari teknik yang diajarkan ini adalah menenangkan pikiran dan menghapus beban psikologis yang dapat mengganggu tidur anda.

Sebelum memulainya, cobalah Anda melihat tidurnya seorang anak bayi (balita). Anak bayi kita tidur sangat lelap dengan tangan dan kaki terjungkai pasrah, tanpa beban pikiran apa pun. Itulah yang dituju dari latihan ini, yaitu tidur lelap tanpa beban bagai seorang bayi.

Oke..tentu Anda tidak sabar untuk mengetahui caranya.
Untuk memulainya ikuti langkah berikut :

1. Rebahkan diri anda di tempat tidur yang nyaman. Tempat tidur yang nyaman yang dimaksud adalah dengan beralaskan kasur atau sejenisnya serta dilengkapi dengan bantal kepala yang tidak terlalu tinggi.

2. Rentangkan kedua kaki anda lurus dan rileks. Demikian pula kedua tangan Anda, letakan lurus sejajar dengan tubuh anda secara rileks.

3. Cobalah mulai berpikir (berimajinasi) jika Anda adalah seorang bayi, yang tidak punya beban permasalahan apa pun. Tidur saja dengan rileks tanpa beban apa pun.

4. Pasrahkan diri Anda pada Tuhan (apa yang terjadi, terjadilah..menurut kehendakNya).

5. Mulai fokuskan pikiran Anda, dimulai dari bagian ujung jari kedua kaki Anda. Rilekskan ujung-ujung jari kaki Anda, lalu merambat ke atas dengan merilekskan bagian betis, lutus, dan paha. Selanjutnya, fokuskan pikiran dan rilekskan kedua tangan Anda. Bayangkan pembuluh-pembuluh darah Anda di kaki maupun di tangan dalam kondisi rileks, tidak tegang, dan pasrah. Biarkan pembuluh darah itu terbuka, melebar, dan lancar aliran darahnya. Ketegangan pikiran dapat membuat pembuluh darah pun ikut mengkerut dan menegang. Oleh karena ini fokuskan dan rilekskan saja. Lepas semua ketegangannya.

6. Fokuskan juga pada bagian perut Anda. Ketegangan pikiran dapat membuat otot perut mengerut dan menegang. Rilekskan saja otot perutnya.

7. Dengan cara yang sama, fokus dan rileks, pada semua bagian tubuh, hingga kepala.

8. Bayangkan pembuluh darah Anda terbuka dan aliran darah mengalir lancar. Termasuk di sekitar kepala Anda. Juga pada organ-organ tubuh Anda, seperti lambung, hati, usus, ginjal, dan sebagainya. Fokuskan saja pada organ-organ itu dan rilekskan.

9. Dengan cara ini, berbaring, fokus dan rileks, maka Anda akan merasakan jalannya nafas yang santai, pelan, dengan irama yang lambat. Orang yang stress, berpikiran berat, irama nafasnya akan cepat dan tidak teratur, tapi orang yang santai, irama nafasnya pelan dan teratur. Anda juga akan merasakan terbukanya rongga pernapasan (diafragma). Jika sudah tercapai demikian, maka ini pertanda bahwa Anda telah berhasil mengendalikan pikiran Anda, dan juga mengontrol seluruh tubuh Anda untuk lebih santai dan rileks. Tanda lainnya bahwa Anda telah berhasil mencapai suasana rileks, adalah Anda akan merasakan ingin buang angin. Lakukan saja. Ini dapat terjadi karena, ketika lambung terasa rileks, maka usus-usus yang semula terlibat (akibat terlalu banyak duduk) dan menegang (akibat beban pikiran), akan kembali mengendor dan tertata dengan baik. Sakit lambung dapat disebabkan karena terlipatnya bagian usus kita.

10. Lakukan latihan ini selama sekitar 30 menit. Ketika pertama kali dilakukan memang terasa sulit, karena tanpa sadar pikiran kita akan terbawa pada permasalahan hidup yang sedang kita alami. Tapi cobalah terus, untuk fokus dan rileks. Lama kelamaan Anda akan bisa mengontrol pikiran Anda, dan juga mengontrol seluruh tubuh Anda. Jika ada bagian tubuh Anda yang sedang sakit, fokuskan pikiran dan rilekskan pada bagian itu sambil berdoa dan pasrah pada Tuhan. Juga yakinkan pada diri Anda bahwa bagian yang sakit itu akan sembuh, semua peredaran darahnya akan lancar.

11. Jika Anda benar-benar telah menguasai jalan pikiran Anda, maka pernapasan Anda akan tenang, teratur, dan Anda pun akan tertidur dengan pulas. Ketika bangun badan dan pikiran akan terasa segar.

12. Lakukan cara ini setiap kali Anda akan tidur.

Itulah cara sederhana untuk dapat tidur pulas, dan tentunya juga menyembuhkan Anda dari berbagai penyakit. Selamat mencoba..


Booking.com