Featured Post

Danau Kelimutu dan Pesona 3 Warna Air yang Dilihat dari Langit

Keindahan Danau Kelimutu membuat banyak orang ingin ke sana. Tapi memang tidak mudah mencapai puncak gunung Kelimutu untuk menatap keind...

Wednesday, June 22, 2016

Meningkatkan Kapasitas Aparatur, Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Ende Lakukan Diklat Aplikasi GPS

Pada tanggal 13 - 17 Juni 2016, Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Ende melaksanakan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Aplikasi GPS Untuk Survey dan Pemetaan. Kegiatan ini dilaksanakan bertempat di Aula Koperasi Gaharu, jalan Melati Atas.

Dalam sambutan pembukaannya, sekretaris Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Ende, bapak Mas'ud Haji Nur menyampaikan pentingnya diklat ini dilaksanakan, karena berkaitan dengan peningkatan kinerja aparatur internal Dinas sendiri. Dewasa ini penggunaan GPS dan aplikasinya sudah sangat dibutuhkan dalam berbagai kegiatan pada berbagai sektor. Untuk sektor kehutanan dan sektor perkebunan, GPS dan aplikasinya dalam pemetaan sangat penting baik dalam tahap perencanaan, pelaksanaan maupun evaluasi.
Praktek Instalasi Program Pemetaan

Praktek Pengolahan data GPS dan Pembuatan Peta
Berdasarkan laporan Ketua Panitia, diklat yang dilaksanakan ini merupakan salah satu sub kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Formal (program Peningkatan Kapasitas Aparatur) Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Ende Tahun 2016. Dalam melaksanakan diklat ini, Panitia bekerjasama dengan Balai Diklat Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kupang. Kerjasama ini telah dikukuhkan dalam bentuk Perjanjian Kerja Sama (MoU) Antara Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Ende Dengan Balai Diklat Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kupang Tentang Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan Aplikasi GPS Untuk Survey dan Pemetaan, Nomor PK : 326/ BDLK-2/ 6/ 2016 tanggal 31 Mei 2016, dan Nomor PK : DKP. 522/ 80/ VI/ 2016 tanggal 06 Juni 2016. Kurikulum dan materi yang disampaikan dalam Diklat ini mengacu pada  Keputusan Kepala Pusat Diklat Kehutanan Nomor SK.90/ Dik-2/ 2009 tanggal 29 Juni 2009 sebanyak 50 Jam Pelajaran (terdiri dari 20 JPL Teori dan 30 JPL Praktek, setiap JPL berdurasi 45 menit).
Selanjutnya disampaikan bahwa Karena Diklat ini merupakan diklat aparatur yang dilaksanakan untuk memenuhi kebutuhan internal dinas, maka mayoritas peserta berasal dari kalangan PNS internal Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Ende, yakni sebanyak 18 orang PNS. Selain dari internal Dinas sendiri, juga diundang peserta dari instansi lainnya lingkup Pemerintah Kabupaten Ende, yakni Badan Lingkungan Hidup Daerah Kabupaten Ende, sebanyak 2 orang peserta. Total jumlah peserta sebanyak 24 orang karena dalam diklat ini juga disertakan 4 orang tenaga kontrak daerah (non PNS) yang juga bertugas di Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Ende.
Praktek Penggunaan GPS




Supervisi Pelaksanaan Diklat
Oleh Kepala Balai Diklat Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kupang 
Dalam pelaksanaannya, Para peserta terlihat antusias mengikuti sesi praktek penggunaan GPS (Global Positioning System) yang dilaksanakan di areal seputar Taman Perenungan Bung Karno, yang kemudian dilanjutkan dengan pengolahan data dan pembuatan peta digital di kelas.
Pada hari terakhir pelaksanaan diklat, sebelum acara penutupan dilakukan presentasi (pemaparan) hasil kerja kelompok oleh masing-masing wakil kelompok dihadapan Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Ende. Setelah itu dilakukan upacara penutupan.
Presentasi Oleh Kelompok 1
Presentasi Oleh Kelompok 2
Presentasi Oleh Kelompok 3
Diklat ini secara resmi ditutup oleh Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Ende, Bapak Drs. Martinus Satban, MSi. Pada kesempatan sambutannya, Kepala Dinas menyampaikan apresiasinya kepada seluruh pihak yang menyukseskan jalannya diklat, baik kepada Panitia, Narasumber, maupun peserta. Setelah diklat ini, kepada para peserta akan diberikan penugasan khusus untuk menerapkan pengetahuan dan ketrampilan yang diperolehnya, berkaitan dengan tugas pokok dan fungsinya masing-masing.
Sambutan Kepala Dinas pada Acara Penutupan Diklat
Para Peserta Berfoto Bersama
Kepala Dinas, Narasumber dan Panitia
==== 
Booking.com